PENILAIAN KINERJA KEPALA MADRASAH 2022


Dec 12th, 2022 579 Views

Depok Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) pada MI Ma’arif Bego tahun ini dilaksanakan pada hari Senin (12/12/2022) berlangsung dengan aman dan lancar yang dihadiri oleh Pak K.H Syakir Ali, M.Si sebagai pengasuh Pondok Pesantren Diponegoro dan Bapak/Ibu guru madrasah. Acara dibuka oleh Kepala Madrasah MI Ma’arif Bego, dengan ucapan selamat datang dan permohonan arahan dari Tim Penilai PKKM yaitu Pengawas Kemenag Kabupaten Sleman. Pak Ali Shofa, S.Ag, M.Pd dan Ibu Dra. Sri Wahyuni, M.A .
Ali Shofa, S.Ag, M.Pd (pengawas) selaku tim penilai kemenag Kabupaten Sleman, menyampaikan bahwa Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) adalah proses pengumpulan, pengolahan, analisis, dan interpretasi data tentang kualitas kepala madrasah dalam melaksanakan tugasnya sebagai kepala madrasah. Penilaian ini dilakukan secara berkala dalam periode tahunan (setiap tahun sekali).
Kinerja kepala madrasah, sebagaimana juknis, dinilai berdasarkan 6 komponen penilaian. Keenamnya terdiri atas tugas utama dan komponen tugas tambahan. Enam tugas utama kepala madrasah yang meliputi Kepribadian dan Sosial, usaha pengembangan madrasah, pelaksanaan tugas managerial, pengembangan kewirausahaan, supervisi kepada guru dan tenaga kependidikan dinilai setiap tahun dan Hasil kinerja Kepala Madrasah.
Pak Susetya, S.Pd selaku Kepala Madrasah MI Ma’arif Bego dalam sesi acara pembukaan, dalam sambutannya menyampaikan, ucapan selamat datang dan terimakasih banyak kepada tim penilai PKKM atas kedatangannya di Madrasah. Kami berharap nantinya dalam proses penilaian masih ditemukan kekurangan, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya dan kami berharap ada saran dan masukan untuk perkembangan madrasah kedepannya. Serta mohon do’a restu semoga nilai sesuai yang kita harapkan.
Setelah selesai penilaian berkas, dilanjutkan pemberian arahan secara umum oleh tim penilai dari pengawas (Ali Shofa dan Sri Wahyuni) dan mengapresiasi kinerja yang sudah dilaksanakan, bahwa secara umum sudah terdapat peningkatan kinerja secara signifikan dibandingkan dengan sebelumnya. (Sri Indah)